Hari Buku Nasional..


Hari ini 17 Mei 2013 adalah Hari Buku Nasional. Tidak pernah kehabisan kata untuk bercerita tentang buku. Bagi saya buku adalah gudang ilmu dan juga sebagai "Guru Diam" yaitu seorang guru yang tidak bisa berbicara, justru kitalah yang harus banyak membacanya sehingga kita paham dan tahu apa makna dibalik tulisan dan halaman yang ada didalamnya. Buku juga yang mengajarkan kita untuk membaca dan menulis. Apa maknanya? karena kalau kita tidak bisa membaca maka dapat dipastikan kita tidak akan bisa paham akan maksud tulisan yang ada didalamnya, dan juga kenapa buku mengajarkan kita untuk menulis? Karena kalau kita tidak bisa menulis maka bisa dipastikan tidak akan pernah lahir sebuah buku. Oleh sebab itu membaca dan menulis merupakan sepasang kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia.

Tapi teramat disayangkan, dalam era yang semakin canggih ini justru minat baca masyarakat kita sangat minim sekali. Buku hanya dijadikan alas kepala untuk kita tiduri (red : bantal). Buku hanya dijadikan barang koleksi oleh sebagian siswa bahkan mahasiswa. Lantas muncul pertanyaan, lalu dimana manfaatnya jika buku hanya diperlakukan seperti itu? Tak dapat dipungkiri lagi kalau saat ini bangsa kita sedang mengalami yang namanya krisis membaca. Dan hal inilah yang melatarbelakangi kebodohan yang terus menjamur di masyarakat kita.

Beda sekali dengan bangsa Jepang. Coba lihat masyarakat Jepang sangat senang sekali dengan membaca buku. Minat membaca mereka tinggi sekali. Hampir disetiap sudut jalan yang kita lewati setiap orang memegang buku dan mereka selalu menyempatkan waktu luang dengan membaca buku. Maka tak heran jika mereka lebih maju dibandingkan bangsa kita. Nah, bagaimana dengan kita sendiri? Hal ini pula yang menggugah hati saya untuk lebih mencintai buku. Buku yang membuat terbuka jalan pikiran kita, buku yang membuat kita menjadi sosok yang berkualitas, buku yang memberikan banyak pemahaman dalam menyikapi dan menjalani hidup, serta buku yang selalu memberi cahaya dan pencerahan untuk siapa saja yang membacanya.

Kalau kebiasaaan membaca sudah mendarah daging di diri kita, maka dengan sendirinya minat untuk menulis akan tumbuh. Karena membaca merupakan langkah awal dan modal utama seseorang untuk bisa menulis, minimal menulis untuk diri sendiri, lalu berproses menulis untuk orang lain. Tentunya tulisan yang bisa bermanfaat dan menginspirasi bagi yang membacanya.

Selamat Hari Buku Nasional.. Mari jadikan membaca dan menulis sebagai sepasang kegiatan yang tidak terpisahkan dalam hidup kita. Banyak Baca, Banyak Tahu, Tambah Pintar...

Komentar

Postingan Populer