Pilih Yang Terbaik..


Jika kita baca dengan seksama tulisan diatas, dengan mudah kita pasti akan mengetahui kemana arah tulisan itu. Yap.., tulisan itu tentang seorang pendamping hidup atau belahan jiwa. Setiap orang pasti menginginkan mendapatkan pasangan yang terbaik dalam hidupnya, pasangan yang sempurna (cantik, kaya, pintar dll). Yakin kalau kriteria itu semua nantinya mampu membuat hidup kita bahagia?. Menurut saya belum tentu, kenapa? Karena ukuran kecantikan, ketampanan, kekayaan dan kecerdasan seseorang adalah relatif (tidak mutlak). Semua itu bisa berubah dan bisa dirubah. Masih tidak percaya? Kita ambil satu contoh, seorang yang cantik ketika masih muda lambat laun ketika usianya semakin tua pasti kecantikannya akan memudar, okelah dia melakukan perawatan ini dan itu di salon kecantikan, tapi tetap saja garis-garis kerut diwajah tetap akan tampak seiring dengan bertambahnya usia, secanggih apapun teknologi. Nah kalau memilih pasangan hanya berdasarkan paras wajah semata atau tampilan fisik, maka bersiaplah untuk kecewa. Yang lebih penting dari itu semua adalah kecantikan hati. Karena hati yang cantik akan memancarkan cahaya yang akan meneduhkan dan menenangkan setiap orang yang memandang dan bersamanya.

Begitu pula dengan kekayaan, segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang abadi, semuanya fana. Semua ini hanya titipan-Nya, kapan saja Dia mau Dia bisa mengambilnya dari kita. Sudah banyak terjadi hari ini kaya besok langsung jatuh miskin atau bangkrut. Dan yang lebih parahnya, jika kita tidak kuat iman bisa jadi sudah jatuh tertimpa tangga atau sudah bangkrut ditambah stress pula karena tidak siap menerima kenyataan hidup. Kekayaan bisa di cari dan di usahakan, maka jangan pernah menjadikan kekayaan sebagai patokan kebahagiaan karena kebahagiaan tidak bisa di beli dengan uang, sejatinya kebahagiaan berasal dari dalam diri yaitu kebahagiaan hati. 

Kecerdasan juga sama. Didunia ini Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lainnya, tidak ada manusia yang bodoh, yang ada hanyalah manusia yang malas, manusia yang tidak mau berusaha, manusia yang mudah putus asa. Kecerdasan pun relatif, setiap orang pasti memiliki kecerdasan dan kelebihan yang tidak sama antara satu individu dengan individu yang lain. Jadi jangan pernah menganggap diri ini bodoh dan lemah, karena pada dasarnya manusia itu unik mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk itu dalam mencari pasangan hidup, sebaiknya carilah yang paling baik akhlaknya, yang ketika bersamanya kita merasakan kenyaman hati, ketika bersamanya kita merasa bahagia, dan mempunyai ikatan batin yang kuat. Saya pun sadar, saya tidaklah sempurna, masih banyak hal yang harus saya perbaiki, saya masih harus banyak belajar, berproses dan berjuang untuk mencapai itu semua. Satu hal yang pasti pasangan kita adalah cerminan diri kita. Seperti yang tertuang dalam QS. An-Nur ayat 26 : Perempuan -perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

Untuk semua teman-teman yang hingga sampai saat ini masih belum menemukan pendamping hidupnya, bersabarlah dan tetaplah berusaha memperbaiki diri, yakinlah suatu saat nanti Allah akan memberikan jodoh yang terbaik untuk kalian semua.

Wallahu 'alam bishawaf....

Komentar

Postingan Populer