Pasrah Pada KetetapanNya...



Sejatinya, manusia hanya bisa berencana, berusaha dan berdoa. Dan yang menentukan hasilnya adalah Allah SWT. Manusia itu kecil dihadapanNya, tempatnya salah, tempatnya khilaf, dan hanya Allah yang Maha Segalanya. Begitu pula dalam menjalani kehidupan ini. Allah membentangkan begitu banyak nikmat dan karunia, tinggal manusianya saja yang harus berusaha.

Sehebat apapun manusia berencana, berusaha dan berdoa. Apabila Allah belum ridho dan tidak menghendaki maka itu semua tidak akan pernah terjadi. Begitu pula sebaliknya, jika Allah berkehendak atas sesuatu, Kun fayakun.. Maka terjadilah.

Begitu pula yang saya alami kemarin. Dari 1 bulan yang lalu saya sudah belajar dan berlatih mempersiapkan Ujian Seleksi Masuk S2. Karena ingin sekali diterima di kampus tersebut, saya pun rela membeli buku TPA-TBI, belajar setiap hari dengan tekun agar bisa mengerjakan soal ujian pada waktunya nanti. Doa pun selalu di panjatkan, tapi sewaktu ujian kemarin, ternyata soalnya diluar dugaan, soalnya susah dan tidak ada 1 pun soal yang sudah saya pelajari keluar.

Tapi.. Saya tidak langsung menyerah, tetap berusaha melakukan yang terbaik semampu yang saya bisa. Soal hasil saya serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT. Karena saya yakin, Allah pasti akan memberikan yang terbaik untuk hambaNya. Apapun itu.. Yang terpenting sekarang adalah tetap berbaik sangka kepadaNya. Insya Allah segala sesuatu sudah ada ketetapanNya masing-masing, dan kita sebagai manusia hanya di perintahkan untuk berusaha dan berdoa.

Untuk itu sambil menunggu pengumuman yang akan keluar 3 hari lagi, tidak ada salahnya saya kembali membalutnya dengan munajat dan doa, Semoga Allah memberikan kemudahan dengan caraNya dan saya mudah-mudahan bisa menjadi manusia yang lebih sabar dan ikhlas lagi, Aamiin ya Rabb..

Komentar

Postingan Populer