Perhelatan Akbar Itupun Berakhir Sudah... ( EURO 2012 )






Bagi penggemar sepakbola, ajang Euro 2012 merupakan salah satu ajang yang paling di nantikan kehadirannya. Bagaimana tidak?, dalam ajang tersebut 16 negara yang berhasil melewati babak kualifikasi akan bertarung untuk memperebutkan Piala Euro 2012 yang di helat setiap 4 tahun sekali dan memastikan diri untuk menjadi "The King Of Euro".

Sebagai penggemar sepakbola sejak 20 tahun terakhir, saya pun sangat menantikan ajang ini, walaupun resikonya harus rela begadang setiap malam tanpa ditemani oleh siapapun, karena suami saya kurang menyukai olahraga yang satu ini.

Sejak awal saya menjagokan tim Spanyol karena menurut saya dari semua tim, tim Spanyol inilah yang paling lengkap, kemampuan pemainnya merata, hampir semua pemain merupakan pemain bintang di klub nya masing-masing. Pemain yang saya suka Fabregas, Sylva dan Casillas.







Tetapi tim favourit saya adalah Italy, entah mengapa sejak kecil saya sangat suka sekali dengan tim ini, seingat saya..., saya mulai suka dengan tim ini sejak zamannya Roberto Baggio, sepertinya saya dan Italy sudah sangat menyatu, walaupun sejak awal perhelatan Euro ini digelar Italy tidak di jagokan dan tidak ada pemain bintang yang berarti, tetapi tetap saja bagi saya Italy adalah tim hebat dan akan selalu ada di hati. Beruntung saat ini Italy masih mempunyai pemain seperti Buffon, Pirlo, Cassano dan Baloteli.





Kebetulan Spanyol dan Italy berada di group yang sama, yaitu Group C. Seperti prediksi saya Spanyol berhasil menjadi Juara Group dengan point 7 dan Italy berhasil menjadi Runner Up dengan point 5.

Dibabak perempat final Spanyol bertemu dengan tim Perancis. Pada pertandingan ini Spanyol berhasil mengalahkan Perancis dengan skor 2-0 tanpa balas dan Spanyol pun berhasil melaju ke babak semifinal. Di semifinal Spanyol harus berhadapan dengan tim Portugal, pertandingan di semifinal ini sangat alot dan harus di akhiri dengan drama adu penalti, hasilnya Spanyol yang menjadi juara dengan skor 4-2 dan memastikan diri menjadi tim pertama yang lolos ke babak final.


Diluar dugaan Italy bermain sangat bagus sekali ketika harus bermain melawan Inggris pada babak perempat final dan Italy berhasil manaklukkan Inggris dengan skor 4-2 melalui drama adu penalti. Italy pun harus berhadapan dengan Jerman di semifinal, lagi-lagi Italy bermain sangat bagus, tampil menyerang dan akhirnya Jerman pun berhasil di taklukkan dengan skor 2-1. Hasil ini mengantarkan Italy lolos ke babak Final untuk menantang juara bertahan Spanyol.


Alhamdulillah dalam Final Euro 2012 ini mempertemukan 2 tim yang memang saya jagokan dan favouritkan, Spanyol VS Italy, tapi saya pun harus memilih salah satu untuk saya jagokan, dan hati serta pilihan saya pun jatuh kepada timnas Italy, alasannya sederhana karena saya sangat mencintai tim ini sejak dahulu, sehingga ada semacam ikatan batin dan perasaan memiliki. (mungkin kedengarannya lebay tapi ini benar adanya..).







                                                                                                                                                                                                                                           
Kali ini saya pun harus kecewa karena tim yang saya jagokan bermain tidak seperti yang saya harapkan, walaupun saya yakin tim Italy telah melakukan yang terbaik dan harus mengakui bahwa tim lawan (Spanyol) memang lebih hebat dan lebih berhak atas kemenangan karena dialah yang pantas memenangkan pertandingan. Spanyol pun berhasil menaklukkan Italy dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor telak 4-0 (sungguh tragis dan menyedihkan...)..

Ada beberapa hal yang bisa saya petik pelajaran dari pertandingan final ini :
1. Sepakbola sama hal nya dengan kehidupan kita, dalam hidup ini kita tidak bisa bekerja dan melakukan segala sesuatunya sendirian, kita butuh orang lain untuk bekerja sama agar target yang kita harapkan yaitu goal dapat tercapai.
2. Dalam hidup ini dibutuhkan sikap pantang menyerah dan mental baja, sesering apapun masalah yang menimpa, sebanyak apapun masalah yang datang, kita harus sanggup untuk menjalani dan mencari jalan keluarnya, jangan pernah menyerah dan kita harus mempunyai mental baja jika kita ingin keluar sebagai pemenangnya.
3. Tidak ada orang yang pintar dan bodoh, semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk maju, asalkan orang tersebut mau berusaha maksimal.

Menang dan kalah adalah hal lumrah dalam setiap pertandingan, untuk fans timnas Italy..., marilah kita menyikapi kekalahan ini dengan sikap terbaik kita, jangan menyalahkan siapapun karena memang tidak ada yang salah dalam hal ini, terima ini semua dengan hati dan jiwa yang besar.

Untuk timnas Spanyol... Congratulation..., kalian memang tim hebat dan pantas menjadi juaranya....


Komentar

Postingan Populer