99 Cahaya di Langit Eropa..


Apa yang anda bayangkan jika mendengar "Eropa"? Eiffel? Colosseum? San Siro? atau Tembok Berlin?

Bagi saya, Eropa adalah sejuta misteri tentang sebuah peradaban yang sangat luhur, peradaban keyakinan saya, Islam.

Buku ini bercerita tentang perjalanan sebuah "pencarian". Pencarian 99 cahaya kesempurnaan yang pernah dipancarkan Islam di benua ini.

Dalam perjalanan itu saya bertemu dengan orang-orang yang mengajari saya, apa itu Islam rahmatan lil alamin. Perjalanan yang mempertemukan saya dengan para pahlawan Islam pada masa lalu. Perjalanan yang merengkuh dan mendamaikan kalbu dan keberadaan diri saya.

Pada akhirnya, di buku ini Anda akan menemukan bahwa Eropa tak sekedar Eiffel atau Colosseum. Lebih... sungguh lebih daripada itu.

Pergilah, jelajahilah dunia, lihatlah dan carilah kebenaran dan rahasia-rahasia hidup; niscaya jalan apa pun yang kau pilih akan mengantarkanmu menuju titik awal. Sumber kebenaran dan rahasia hidup akan kau temukan di titik nol perjalananmu. Perjalanan panjangmu tidak akan mengantarkanmu ke ujung jalan, justru akan membawamu kembali ke titik permulaan.
Pergilah untuk kembali, mengembaralah untuk menemukan jalan pulang. Sejauh apa pun kakimu melangkah, engkau pasti akan kembali ke titik awal. (Paulo Coelho, dalam bukunya The Alchemist).

Wahai anakku! Dunia ini bagaikan samudra tempat banyak ciptaan-ciptaan-Nya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nakhoda perjalananmu; dan kesabaran sebagai jangkar dalam setiap badai cobaan. (Ali bin Abi Thalib ra.).

Aku memandang lekat-lekat pegunungan tinggi (Jabal Nur) dengan bebatuan terjal itu dari kejauhan. Di tempat itulah aku menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaanku. Terminal akhir penjelajahanku selama 3 tahun lebih menapak jejak sejarah Islam di Eropa. Itu semua telah membawaku ke titik awal tempat semuanya berasal. Awal diturunkannya Al-Quran, awal kelahiran Islam. Agama yang sempurna.
Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan....

Buku ini ditulis oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Menurut saya buku bagus sekali, buku ini membuka cakrawala baru tentang sejarah Islam yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Membuat saya merenung ternyata tidak mudah hidup dalam lingkungan yang penduduk Islamnya minoritas. Hati saya pun berdesir dan begetar ketika membaca Epilog nya terutama pada bagian ;

Labbaikallaahhumma labbaik...
labbaikalaa syariikalaka labbaik...
Kusambut panggilan-Mu ya Allah, kusambut
panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, kusambut
panggilan-Mu...

Ya Allah..., terima kasih karena Engkau telah memberikan nikmat Iman dan Islam ini kepadaku, Jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Istiqomah di jalan-Mu, Amin ya Robbal Alamin...

Komentar

Postingan Populer