Cendol Hitam Khas Purworejo


Es Dawet Ireng atau Es Cendol Hitam ini adalah minuman asli dari daerah Butuh, Purworejo. Pewarna hitam untuk cendol dibuat dari daun padi kering (oman) yang dibakar hingga menjadi abu, kemudian abu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam. Sedangkan cendolnya dibuat dari sagu bukan dari tepung beras seperti cendol hijau biasa. Pemanisnya menggunakan gula aren.

Untuk menghilangkan rasa penasaran maka sewaktu liburan ke Purworejo 2 minggu lalu, saya menyempatkan diri untuk mencobanya, kebetulan di depan Pasar Balendono Purworejo ada penjual Es Dawet Hitam. Harga untuk 1 gelasnya Rp. 2.000,-. Murah banget ya? Pas dicobain, wah benar yang dikatakan orang-orang bahwa Es Dawet Hitam ini rasanya memang enak banget, beda dengan Es Dawet Ayu khas Banjarnegara.

Tekstur dawetnya kenyal-kenyal dan potongan dawetnya juga besar, selain itu rasa gulanya juga tidak terlalu manis dan rasa gurihnya berasal dari santan kelapa. Pokoknya enak banget deh apalagi bila diminum di saat siang hari dan dibawah panas terik matahari. Walaupun saya sering pulang ke Purworejo tapi baru kali ini merasakan Es Dawet Hitam, hadeh kemana aja dari kemarin, Hehehee...

Buat yang ingin mencoba, silahkan datang dan mampir ke Dawet Hijau Khas Purworejo yang banyak ditemui di kota ini. Salah satunya di depan Pasar Balendono, Alun-alun Purworejo dan Pertigaan Bumenceng.

Komentar

Postingan Populer