Terapi Maaf..


Kata maaf sungguh sangat mudah diucap, namun banyak orang tidak sanggup ikhlas memberi dan menerimanya. Padahal, nilai maaf adalah kebutuhan yang tidak mungkin kita hindari. Sebab, kita semua pasti pernah berbuat salah, baik kecil maupun besar. Selain itu memberi dan menerima maaf sangat penting untuk ketenangan hati dan ketentraman jiwa kita.

Buku ini memandu dan mengingatkan kita tentang indahnya nilai saling memaafkan dengan tulus dan ikhlas. Diselingi dengan kisah-kisah pemberian maaf yang sanggup menenteramkan jiwa, dengan versi yang belum pernah diungkap oleh buku-buku serupa yang banyak tersedia.Buku ini ditulis oleh Ibnu Ibrahim Ba'adillah, Penulis buku Indahnya Taubat.

Secara keseluruhan isi bukunya lumayan bagus, yang paling saya suka yaitu pada bagian 33 tips memaafkan. Kata maaf merupakan suatu kebutuhan manusia, karena manusia tempatnya salah dan khilaf. Kata maaf memang sering dengan mudah kita ucapkan tapi sulit untuk diaplikasikan. Kenapa? karena pada hakikatnya memberi dan meminta maaf dengan ikhlas tidak semua orang bisa melakukannya. Padahal suatu saat nanti kita juga pasti akan membutuhkan kata maaf dari orang lain, maka alangkah bijaknya jikalau kita mau memaafkan kesalahan orang lain dengan penuh keikhlasan walaupun terkadang tidak mudah untuk dilakukan.

Dari buku ini saya belajar banyak tentang bagaimana pentingnya memberi dan menerima maaf dari orang lain, karena ketika maaf itu terucap maka semua hilanglah semua beban yang ada didada, hidup ini pun menjadi lebih tenang. Lalu bagaimana ketika kita meminta maaf kepada seseorang tetapi orang tersebut tidak mau memaafkan? Kewajiban kita hanya meminta maaf ketika melakukan kesalahan, perihal orang tersebut mau memaafkan atau tidak itu bukan lagi menjadi urusan kita melainkan menjadi urusan dia dengan Allah SWT. Allah saja Maha Pemurah dan Maha Pemaaf, masa kita sebagai hambanya tidak mau memaafkan?

Terima kasih untuk Bapak Akhmad Sefudin yang telah memberikan buku ini untuk saya, semoga semua kebaikan Bapak di balas berlipat ganda oleh-Nya dan semoga rejeki Bapak bertambah banyak dan berkah, Amin Ya Robbal Alamin...


Komentar

Postingan Populer