Belajar sesuatu dari sebuah kekalahan...

Seminggu kemarin merupakan hari-hari yang sangat melelahkan, banyak menyita waktu, uang, tenaga dan juga pikiran, aku dipaksa berpikir keras untuk melakukan proses, menganalisa dan mengambil keputusan tentunya, banyak hal yang sudah aku pelajari kemarin, dari mulai aku ragu untuk mencobanya, tapi akhirnya akupun ikut mencobanya tentunya dengan segenap kemampuan yang aku punya, hingga berhenti di satu titik dimana aku harus menunggu hasilnya, tapi kenapa ya Tuhan... ketika rasa itu mulai mantap dan aku ingin sekali meraihnya justru ketidakpastian yang kini tersisa, aku bagaikan gagal dan kalah....

Aku juga merasa tidak fokus dan produktif seminggu kemarin, banyak tugas yang belum terselesaikan, blog pribadi yang tidak terurus, melupakan bahan ujian yang harusnya aku pelajari dan masih banyak lagi..., kejadian kemarin memberikan aku banyak pelajaran tentang ilmu "ikhlas" dan "sabar", mungkin aku belum siap untuk menerima tanggung jawab yang besar sehingga Allah belum mempercayakannya kepadaku...., "apa yang kamu anggap baik belum tentu baik bagimu dan apa yang kamu anggap buruk bisa jadi itulah yang terbaik untukmu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui...", benar sekali kata-kata itu dan hal itulah yang membuka mata hatiku untuk bisa menerima kekalahan ini dan bangkit lagi seperti dulu...

Ketika 1 mimpi belum bisa terwujud maka belum tentu mimpi yang lainnya akan bernasib sama, masih banyak mimpi-mimpi lain yang harus aku wujudkan dan salah satu diantara mimpi itu kini telah ada di depan mata, aku tidak boleh larut dengan semua ini, ujian tinggal menghitung hari lagi dan aku harus siap untuk menjalaninya karena ini salah satu jalan untuk menapaki salah satu mimpi itu "lulus dengan predikat cum laude", semoga aku bisa mewujudkannya dan mempersembahkan yang terbaik untuk orang-orang yang aku sayangi, amin.....

Komentar

Postingan Populer